Regresi Linier Sederhana

Regresi linier merupakan salah satu prediksi yang menggunakan garis lurus untuk menggambarkan hubungan diantara dua variabel atau lebih, dalam sebuah kasus terdapat dua variabel yaitu jarak(x) dan waktu tempuh(y). Tujuan dalam penulisan ini adalah mencari sebuah garis lurus yang sedekat mungkin dengan semua titik sehingga garis tersebut menjadi sahih untuk mewakili titik-titik tersebut. Sebuah garis lurus dapat di tulis dengan persamaan :

Persamaan Garis

Persamaan Garis

Y adalah variabel terpengaruh, Bo adalah sebuah konstanta, B1 adalah gradien garis, dan x adalah variabel pemberi pengaruh.

konstantaB0

gradienBi

Setelah kita hitung nilai dari persamaan tersebut kemudian. Pengetahuan apa yang kita peroleh? yang kita peroleh adalah waktu tempuh sama dengan B0 ditambah Bi kali jarak yang diprediksi. Setiap pertambahan jarak sejauh 1, waktu tempuh pun akan bertambah Selama Bi Menit.

Untuk Pembuatan program regresi linier menggunakan bahasa pemograman C++ berikut ini saya akan jelaskan :

Pertama-tama kita akan membuat headerfile dengan nama : regression.h

regression class

regression class

Kemudian untuk mengimplementasikannya kita akan membuat file : regresi.cpp, program yang berisi fungsi utama.

edrianhadinata-mainfunction

Daftar Refrensi :

Susanto, Sani. Ph.D dan Suryadi, Dedy. S.T., M.S.  2010. “Pengantar Data Mining Menggali dari Bongkahan Data”.Yogyakarta. C.V.Andi Offset. ISBN. 978-979-29-1649-2 .

Stroustroup,Bjarne. 1997. “C++ Programing Language 3rd Edition“. Murray Hill, New Jersey. AT &T Labs. Adison – Wesley Publising Company. ISBN. 0-201-88954-4

cplusplus.com.2013 , “Classes I“. http://www.cplusplus.com/doc/tutorial/classes/ (Minggu, 15 Desember 2013).

Tinggalkan komentar