Apa itu data mining?

Saat ini, diakui atau tidak teknologi internet telah mengubah dunia dan cara pandang kita terhadap sesuatu hal yang didasarkan pada jutaan informasi yang kita peroleh. Masih lekat pada ingatan kita sebelum teknologi ini memasyarakat hingga kepelosok-pelosok dunia. Pada saat itu kegiatan mencari, memperoleh dan memiliki informasi bukanlah hal mudah untuk di lakukan karena bahan baku informasi sulit untuk di miliki.

data mining, proses

menjelaskan tentang proses data mining

Kondisi-kondisi tersebut tentulah sangat berbeda dengan saat ini. Saat ini beragam informasi secara mudahnya bisa kita miliki. Melalui perangkat teknologi informasi smart phone dan media digital yang lain, kita saat ini benar-benar di terpa oleh gelombang dahsyat “torpedo data”. Melimpahnya data bahkan kita sebagai pengguna kita jualah yang menjadi bagian dari data tersebut. Ketika ingin mengakses media informasi dijejaring sosial atau sekedar memiliki email kita kerap sekali di suguhi halaman Registration user atau kita sebagai pelaku survey yang di kemas dalam sebuah website, dan dari situ jualah informasi di kumpulkan.

Ketika data yang melimpah tersebut disuguhkan didepan mata(sekalipun mungkin tidak untuk kita miliki) tidakkah membuat kita untuk bertanya “Pengetahuan apa yang dapat di hasilkan dari data atau informasi tersebut?”

Munculnya data mining didasarkan pada jumlah data yang tersimpan dalam basis data semakin besar. Misalnya, disebuah supermarket, ada banyak transaksi yang terjadi dalam sehari, semakin banyak jika terjadi transaksi terus menerus hingga setahun. Yang menjadi pertanyaan untuk data yang semakin menggunung jumlahnya dari waktu kewaktu itu adalah mau diapakan data tersebut? Apakah hanya untuk laporang akhir tahun kemudian di buang? Apakah hanya akan di kubur di gudang data? Tentu sayang sekali jika data tersebut tidak di manfaatkan untuk kepentingan perusahaan atau instansi tersebut.

Tan(2006) mendefenisikan data mining sebagai proses untuk mendapatkan informasi yang berguna dari gudang basis data yang besar. Data mining juga dapat di artikan sebagai pengekstraksian informasi baru yang di ambil dari bongkahan data yang besar yang membantu dalam proses pengambilan keputusan.

Istilah data mining kadang di sebut juga dengan knowledge discovery. Defenisi yang lain juga banyak yang mengacu ke istilah data mining tetapi istilah ini belum ada yang di bakukan atau di sepakati oleh semua pihak.  Namun setiap istilah dari data mining memiliki hakikat yang sama sebagai disiplin ilmu yang tujuan nya untuk menemukan, menggali, atau menambang pengetahuan dari data atau informasi yang kita miliki. Kegiatan inilah yang menjadi garapan atau perhatian utama dari disiplin ilmu data mining.

Daftar Refrensi :

Susanto, Sani. Ph.D dan Suryadi, Dedy. S.T., M.S.  2010. “Pengantar Data Mining Menggali dari Bongkahan Data”.Yogyakarta. C.V.Andi Offset. ISBN. 978-979-29-1649-2 .

Prasetyo, Eko. 2012. “Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB”. Yogyakarta. C.V. Andi Offset. ISBN. 978-979-29-3282-9.

Tinggalkan komentar